Tuesday, August 21, 2018

Kenali Blog dan Manfaatkan Fitur dari Cloud Hosting



Sebagian besar masyarakat, khususnya masyarakat di Indonesia telah mengenal blog dan juga tahu cara buat blog yang tergolong mudah. Salah satu hal yang memiliki kaitan dengan dunia maya tersebut tentu sangat erat hubungannya dengan teknologi yang telah canggih saat ini. Mulai dari banyaknya para pengguna media sosial hingga website termasuk juga dengan blog.

Para blogger yaitu sebutan bagi mereka yang berkecimpung di dunia blog, saat ini terus bertambah dan pemanfaatannya juga berkembang mulai dari hanya sekedar catatan harian si pemilik blog, hingga media informasi dan juga media untuk berjualan atau lebih dikenal dengan toko online.

Mengenal lebih dekat tentang blog
Sejarah singkat mengenai blog dapat diurai dengan pertama kali penerbitannya sebagai produk dari perusahaan bernama Pyra Labs. Media yang bertujuan sebagai catatan pribadi namun dapat memiliki sifat lebih terbuka, atau dengan kata lain dapat dibaca oleh orang lain isi dari blog tersebut bernama blogger. Kemudian Google mengambil alihnya dengan memberikan dampak pesat bagi blog, salah satunya adalah aplikasi yang khusus diberikan untuk para blogger di seluruh dunia.

Isi dari blog yang biasanya diterbitkan oleh si pemilik atau pengguna blog tersebut disebut dengan posting. Meskipun bersifat terbuka, namun saat proses pembuatan biasanya akan ada pilihan untuk menerbitkan secara pribadi atau umum yang dapat disesuaikan oleh pembuat blog sesuai dengan tujuan dan kebutuhan dari dibuatnya blog tersebut.

Disebut juga sebagai web blog, media ini juga biasanya digunakan sebagai halaman untuk mempromosikan produk-produk bagi para pemilik toko online. Oleh karena itu, blog juga berdampingan dengan media sosial, di mana para pemilik akan menggunakan media sosial sebagai jalur promosi yang biasanya akan diteruskan dengan pengenalan produk lebih banyak lagi melalui blog.
Selain itu, para pengunjung blog juga dapat berinteraksi dengan pemilik blog. Baik melalui email yang tercantum maupun melalui komentar yang dapat juga disebut sebagai buku tamu. Oleh karena itu, blog-blog, baik yang berisikan catatan harian maupun segala bentuk informasi akan memberikan kesempatan bagi para pengunjung atau pembaca untuk memberikan komentar seperti halnya berdiskusi maupun saling berbagi informasi lainnya.

Langkah-langkah untuk membuat blog
Membuat blog relatif mudah, asalkan telah memiliki email. Karena telah diambil alih oleh google, maka dapat dipastikan jika email yang dibutuhkan berjenis Gmail. Dengan langkah-langkah pembuatan yang mudah menjadikan blog banyak digunakan oleh berbagai kalangan, mulai dari para pelajar hingga para orang dewasa tentunya.
1.     Membuka situs blogger.
2.     Log in dan masukan akun Gmail dan password pada kolom yang telah disediakan.
3.     Masuk dan lanjutkan dengan membuat “Blog Baru”.
4.     Setelah itu mengisi kolom judul blog yang sesuai dengan tema dari blog tersebut.
5.     Lalu mengisi kolom dari alamat blog.
6.     Selanjutnya memilih template yang telah tersedia, namun dapat juga merancangnya sendiri atau minimal mengganti background-nya sesuai dengan selera.
7.     Setelah itu, terakhir adalah memposting berkas seperti gambar, tulisan hingga video.

Jika memanfaatkan blog sebagai bagian dari usaha internet marketing, maka mengetahui lebih jauh pelayanan dari cloud hosting dan mempertimbangkan untuk menggunakannya dapat memaksimalkan pemanfaatan blog tersebut. Misalnya pelayanan yang disediakan oleh DomaiNesia di mana perusahaan tersebut menawarkan beragam fitur atau paket sebagai salah satu penyedia layanan jasa berdasarkan hosting Indonesia.

No comments:

Post a Comment